Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat ISO 9001?

Dalam dunia usaha saat ini ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan produk-produk ataupun jasa yang sejenis. Tentunya hal ini bisa membuat konsumen menjadi bingung harus memilih produk yang mana. Untuk membantu konsumen anda memilih produk anda maka anda harus bisa meyakinkan konsumen anda bahwa anda memiliki barang yang berkualitas.

Salah satu cara yang sangat efektif untuk mendapatkan keyakinan konsumen terhadap barang anda adalah dengan mendapatkan sertifikat ISO 9001 untuk produk anda tersebut.

Jika produk anda sudah mendapatkan sertifikat ISO 9001 maka konsumen bisa merasa yakin bahwa produk yang anda tawarkan memenuhi standar kualitas yang mereka harapkan. Tentunya ini akan sangat memudahkan anda untuk menawarkan produk anda di market market yang lebih luas lagi. Jadi adalah hal yang akan sangat menguntungkan jika anda bisa mendapatkan sertifikat ISO 9001 ini untuk produk ataupun layanan jasa anda.

Cara mendapatkan sertifikat ISO 9001

Anda bisa mendapatkan sertifikat ISO 9001 ini dengan menghubungi lembaga sertifikat ISO. Lembaga ini adalah lembaga yang diberikan kewenangan oleh international standardization organization untuk menerbitkan sertifikat ISO 9001 di berbagai bidang industri. Lembaga inilah yang akan mengirimkan tim auditor ke perusahaan anda untuk menilai apakah putusan anda bisa mendapatkan sertifikat ISO 9001 atau tidak.

Tim auditor ini akan melakukan dua tahapan audit di perusahaan anda. Tahapan pertama adalah tahapan dokumentasi yang akan mendokumentasikan prosedur-prosedur apa saja yang dijalankan di perusahaan anda. Jikalau ada prosedur yang belum dilakukan oleh perusahaan anda maka tim auditor ini akan memberitahukan anda perbaikan-perbaikan apa saja yang diperlukan agar anda memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001 ini.

Tahapan kedua adalah tahap dimana tim auditor akan menilai bagaimana implementasi dari rekomendasi rekomendasi yang mereka berikan di perusahaan anda. Jika mereka menemukan bahwa perusahaan anda sudah menjalankan prosedur prosedur yang direkomendasikan secara konsisten maka perusahaan anda akan mendapatkan sertifikat ISO 9001 ini. Begitu juga sebaliknya, jika ditemukan bahwa perusahaan anda tidak melakukan satu atau beberapa prosedur atau setidaknya tidak konsisten dalam menjalankan prosedur-prosedur ini maka perusahaan anda tidak akan mendapatkan sertifikat ISO 9001 ini.

Jika ternyata pulsanya nanti bisa mendapatkan sertifikat ISO 9001 ini maka perusahaan anda akan bisa menggunakan sertifikat ISO 9001 ini selama 3 tahun kedepan. Sertifikat islam merupakan sertifikat yang memerlukan pembaruan secara berkala. Sistem ini diadakan untuk memastikan agar perusahaan-perusahaan yang memegang sertifikat ISO 9001 ini terus mendapatkan audit secara berkala. Hal ini dilakukan untuk menjamin bahwa perusahaan-perusahaan ini terus menjaga konsistensi mereka dalam menerapkan prosedur prosedur produksi ataupun layanan jasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *